Panduan Publikasi Jurnal Internasional

Dalam sesi konsultasi, saya sering kali bertemu klien yang ada pada posisi bimbang terkait dengan publikasi jurnal internasional.  Klien A misalnya.  Ia bimbang apakah mengikuti pendapat B, pendapat C atau pendapat D. Ia bimbang karena gak enak sama C dan D apabila mengikuti pendapat B. Demikian juga sebaliknya.

 

Klien A bukan satu-satunya orang yang merasakan dilema ketika hendak publikasi jurnal internasional. Banyak peneliti lain yang merasakannya. Sebagai solusi, tentu harus ada kesepakatan yang dapat mengatasi pendapat B, C dan D.

 

Untungnya, sejak tahun 2000, para ahli memahami masalah ini dan segera bertindak untuk membuat panduan/guideline publikasi jurnal internasional. Salah satu tujuan panduan ini adalah untuk harmonisasi cara melaporkan penelitian. Jadi, jika terjadi perbedaan pendapat, maka solusinya adalah merujuk pada guideline yang telah disepakati.

 

Saya menyusun kompilasi beberapa panduan publikasi jurnal internasional. Kompilasi ini terdiri dari mempersiapkan manuskrip, mengirimkan manuskrip, dan panduan publikasi dalam Bahasa Inggris. Selain itu, saya sertakan guideline untuk beberapa penelitian yang sering dilakukan. Penelitian tersebut adalah case report, uji klinis, observasional kohort, observasional kasus kontrol, observasional potong lintang, diagnostik, prognostik, meta-analisis, penelitian pada hewan coba, dan cara melaporkan aspek statistik.

Untuk mendapatkan Kompilasi Panduan Publikasi Jurnal Internasional, silakan Sahabat isi formulir berikut ini. Pastikan alamat email valid. Setelah mengisi formulir, Sahabat cek email dengan subjek Email Konfirmasi Publikasi. Selanjutnya, klik kata konfirmasi yang ada pada email tersebut. Beberapa saat kemudian, saya kirimkan email untuk download ebook. 

Semoga Kompilasi Panduan Publikasi Jurnal Internasional ini bermanfaat.